Nama Atlet Pelari Asal Belanda Yang Memegang Rekor Dunia

Belanda Terkenal dengan nilai sejah tentang kerajaan. Lalu negara Belanda juga terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat dan tiga pulau di Karibia. Selain itu Belanda juga memiliki segudang prestasi yang di dapatkan. Salah satunya olahraga yang sukses dalam memperoles prestasi yang banyak adalah olahraga atletik dari cabang pelari, bahkan ada salah satu nama yang memegang rekor dunia. Kalian ingin tahu? Berikut salah satu nama yang memegang rekor dunia dari cabang olahraga pelari adalah

Fanny Blankers-Koen

Francia Elsje Blankers-Koen atau sering dikenal dengan nama Fanny adalah seorang atlit track dan fields asal Belanda yang terkenal dengan memenangi 4 medali emas pada Olimpiade musim panas pada tahun 1948 di London. Nah Fanny mengikuti kompetisi pada saat itu sebagai ibu dari 2 anak, hal ini memberikannya julukan sebagai “the flying housewife”. Dan merupakan atlit yang sangat sukses pada Olimpiade pada masanya. Gimana keren kan? Nah untuk karier sebagai atlit Fanny berkompetisi pada tahun 1935, Fanny mengikuti di Olimpiade musim panas pada tahun 1936 setahun berikutnya. Meskipun kompetisi Internasional sempat dihentikan karena perang dunia kedua, Fanny sudah menetapkan beberapa rekor dunia pada saat itu, di ajang yang bervariasi diantaranya adalah lompat jauh, lompat tinggi, lari cepat dan lari gawang.

Selain itu Fanny juga memiliki title Eropa dan 58 kejuaraan Belanda, dan menentukan atau menyamakan 12 rekor dunia yang terakhir dalam pentahtlon di tahun 1951 pada usia 33 tahun. Lalu Fanny pensiun dari olahraga atletik ini pada tahun 1955, dimana setelah menjadi kapten tim track and fields wanita Balanda. Nah yang menariknya adalah Fanny dipilih menjadi sebagai “Famale Athlete of The Century” yang di akui oleh Asosiasi Internasional Federsi Atletik.

Keren kan perjalanan karier seorang Fanny Blankers-Koen ini, semoga artikel ini menjadi manfaat untuk kalian dan menjadi inspirasi juga bagi yang bercita-cita menjadi atlet lari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *