Ini Dia Jumlah Biaya Tol Jakarta Jogja untuk Referensi Mudik

Informasi Biaya Tol Jakarta Jogja 2022 - Blibli Friends

Mudik menjadi kegiatan yang dianggap wajib oleh setiap orang yang berada di perantauan termasuk perantau dari Jogja yang berada di Jakarta. Salah satu informasi yang cukup banyak dicari tentunya biaya tol Jakarta Jogja khususnya bagi yang ingin menempuh jalur darat.

Di tahun 2022 sejumlah ruas tol trans Jawa sudah melakukan penyesuaian tarif tak terkecuali untuk rute Jakarta Jogja. Hal ini tentunya perlu Anda ketahui terutama jika ingin segera mudik ke kawasan Jogja.

Informasi Biaya Tol Jakarta Jogja

Besaran tarif atau biaya perjalanan melewati tol pada dasarnya tergantung jenis mobil yang akan digunakan. Namun secara umum jenis kendaraan yang digunakan memiliki tarif yang tidak jauh berbeda satu sama lain.

Berikut ini merupakan informasi mengenai biaya dan peraturannya.

Aturan Umum

Terdapat beberapa aturan yang perlu Anda ketahui sebelum mengetahui informasi mengenai biaya tol Jakarta Jogja. Pertama terdapat aturan di mana Anda harus menggunakan uang digital atau menggunakan e-toll.

Anda bisa menggunakan kartu tol yang sudah diisi saldo yang mencukupi. Aturan ini sudah berlaku dalam beberapa tahun terakhir sehingga mempermudah perjalanan. Selanjutnya Anda juga harus menempuh jarak hingga 562 KM dengan waktu 9 hingga 10 jam.

Rute dan Biaya Tol Jakarta Jogja

Tercatat ada 9 jalur tol yang akan dilalui untuk sampai ke Jogjakarta. Ruas tol tersebut terdiri dari Jakarta-Cikampek, Cikopo – Palimanan, Palimanan- Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang ABC dan Semarang- Solo.

Tarifnya akan berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang melintas di jalur tol tersebut. Namun secara umum rinciannya kurang lebih seperti berikut ini.

  • Tol Jakarta-Cikampek : Rp 20.000
  • Tol Cikopo-Palimanan : Rp 119.000
  • Tol Palimanan-Kanci : Rp 12.500
  • Tol Kanci-Pejagan: Rp 29.500
  • Total Pejagan-Pemalang: Rp 60.000
  • Tol Pemalang-Batang: Rp 45.000
  • Tol Batang-Semarang : Rp 86.000
  • Tol Semarang ABC: Rp 5.500
  • Tol Semarang-Solo (Boyolali): Rp 75.000

Berdasarkan informasi tersebut jika dijumlahkan maka biayanya mencapai Rp. 452.500. Hal ini berlaku untuk kendaraan Golongan 1 seperti pick up, minibus, jip, sedan, bus dan truk kecil. Anda hanya tinggal memilih kendaraan yang akan digunakan dan menyediakan biayanya.

Itulah beberapa informasi mengenai biaya tol Jakarta Jogja yang perlu Anda ketahui. Informasi tersebut akan sangat berguna sebelum mudik lebaran di Tahun 2022 ke Jogyakarta. Dengan begitu Anda bisa menyediakan biayanya termasuk untuk kebutuhan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post