5 Ciri-ciri Penyakit Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya. Sehingga terjadi pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali yang terjadi pada jaringan payudara. Kanker payudara umumnya terjadi pada wanita, namun bisa juga di alami oleh seorang pria walaupun sangat jarang. Berikut beberapa ciri-ciri kanker payudara yang wajib kalian ketahui

  1. Nyeri pada payudara

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada sel kulit sehingga menyebabkan timbulnya rasa sakit, tidak nyaman, serta payudara terasa menjadi lebih empuk. Beberapa orang juga mengambarkan sakitnya seperti dengan rasa yang terbakar. Nah jika kalian merasakan rasa nyeri tanpa adanya kejelasan alangkah baiknya langsung untuk pengecekan ke dokter.

  • Putting susu tenggelam

Kanker payudara membuat perubahan sel di belakang putting susu, perubahan ini dapat menyebabkan puting susu terbalik ke bagian dalam payudara. Bisa juga putting susu mengalamai perubahan bentuk dan ukuran. Perubahan tampilan puting sering terijadi selama ovulasi atau bagian Isilkus menstruasi. Namun jika kalian mengalami perubahan bentuk puting susu di luar silkus haid, maka segera lah berkonsultasi dengan dokter.

  • Perubahan warna kulit

Warna kulit di sekitara payudara yang tampak memerah dan terjadi penebalan kulit cenderung sebagai bentuk iritasi atau alergi. Perubahan warna kulit payudaya yang di sertai dengan perubahan tekstur, tampak berlekuk, dapat mengindikasikan bahwa sel kanker payudara sedang berkembang di dalam tubuh.

  • Keluar nanah dari payudara

Pada payudara yang terkenal kanker, biasanya akan keluar cairan seperti nanah yang berwarna putih ke kuningan, hijau, atau merah. Keluarnya cairan seperti nanah, memang normal terjadi pada ibu yang menyusui. Namun jika kalian tidak sedang menyusui tetapi mengeluarkan seperti itu, kalian segera untuk berkonsultasi dengan dokter.

  • Benjolan di payudara atau ketiak

Kelenjar yang berada di ketiak ataupun payudara bisa membesar saat menstruasi. Namun jika benjola yang muncul di kedua lokasi tersebut tidak kunjung hilang, bahkan saat di luar periode menstruasi. Segera lakukan pengecekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *