3 Cara Untuk Menyusui Anak yang Benar

Menyusui bayi bisa menjadi pengalaman menyenangkan ataupun menyakitkan. Sebagia ibu baru, kalian perlu mengetahui cara menyusui bayi yang benar. Menyusui bayi merupakan tahap selanjutnya yang akan di jalanin oleh para ibu setelah mengandung dan melahirkan. Teknik menyusui yang benar akan membantu anak untuk mendapatkan ASI yang cukup dan menyusu dengan tenang. Nah jika kalian ingin tahu cara menyusui yang benar, simak artikel ini karena akan memberikan tips untuk kalian agar lebih  mudah untuk menyusui anak.

  • Cross-Cradle Hold

Cara menyusui yang pertama yaitu dengan menggunkan metode Cross-Cradle Hold. Cara ini biasanya merupakan teknik terbaik yang bisa kalian lakukan untuk bayi yang baru lahir. Seorang ibu akan menopang bayi dengan lengan berlawanan pada payudara tempat bayi menyusu. Caranya kalian pegang bayi sejajar dengan perut, pastikan punggung dan posisi leher sejajar, setelah itu raih punggung bayi dan kepala dengan tangan kalian. Biarkan bagian bawahnya bersandar di lekukan lengan.

  • Memilih tempat nyaman untuk menyusui

Mencari tempat yang nyaman merupakan salah satu cara menyusui anak. Agar proses menyusui berjalan lancar, kalian perlu merasakan nyaman. Karena ituah tempat nyaman untuk menyusui di perlukan. Bila tubuh kalian tidak nyaman, proses menyusui bisa terasa melelahkan bahkan menyakitkan. Oleh karena itu carilah tempat dan posisi senyaman mungkin untuk menyusui. Pakai bantalan untuk menyandarkan tubu, buat diri kalian senyaman mungkin.

  • Tahu kapan berhenti

Banyak ibu muda yang tidak yakin apakah sesi menyusui sudah berakhir karena bayi bisa saja ketiduran atau malas menghisap. Sesi menyusui umumnya berjalan di antara 20-30 menit. Pada beberapa bayi yang sudah mahir, proses menyusui bisa selesai dalam 10-15 menit. Jika bayi sempat tertidur, sesi menyusui selama 40 menit kerap menjadi patokan yang normal. Jadi sesi kurang dari 10 menit atau lebih dari 40 menit bisa menjadi pertanda sesi menyusui kurang lancar. Nah jika mengalami seperti itu kalian bisa menggantikan untuk ke selebahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post